News / Event



Pemanasan Tubuh Sebelum Berkendara

Posted on 28, Jun 2016

Apapun aktivitas rutin yang kita lakukan setiap hari ada baiknya diawali dengan pemanasan. Begitupun sebelum memulai aktivitas berkendara yang bertujuan untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh kita. Darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk dipacu untuk kerja yang lebih berat. Otot-otot menjadi lentur dan rileks serta terhindar dari kram otot. Disamping juga untuk menjaga ketahanan stamina dan fisik tubuh agar kita lebih siap untuk berkendara.

 

Pemanasan ini sama halnya dengan mesin motor sebelum beroperasi, misalkan untuk perjalanan jauh pasti akan mengalami stress atau ketegangan pada mesin motor itu sendiri, dikarenakan adanya gesekan-gesekan antara part-partnya, untuk itu motor juga harus ada pemanasan mesin terlebih dahulu. Nah brosis hal seperti ini terjadi juga pada tubuh manusia. Ketika melakukan gerakan berulang-ulang dan dilakukan dalam waktu lama maka pasti menimbulkan stress body contact, yaitu pergerakan yang menimbulkan gesekan dan proses tarik ulur otot-otot persendian dan membuat tubuh menjadi cepat lelah yang kemudian membuat memar otot juga persendian, dapat dibayangkan esok harinya tubuhpun pegal-pegal. Maka itu diperlukan pemanasan yang tepat, untuk menghindari stress tubuh.

 

Pemanasan di pagi hari lebih dianjurkan, karena bugarnya tubuh, fikiran dan fokus lebih baik di pagi hari. Untuk pemanasan atau warming up dapat dilakukan sekitar 5 sampai 10 menit, dengan cara peregangan (stretching) otot-otot tangan, kaki, pinggang, serta leher. Ini berguna agar setelah diperjalanan otot telah terbiasa bergerak dalam tekanan-tekanan santai bahkan mendadak.

 

Selain pemanasan rutin yang kita lakukan sebelum berkendara, brosis juga penting untuk menjaga pola hidup sehat dengan waktu tidur yang cukup 7 – 8 jam setiap harinya  dan hindari tidur larut malam. Konsumsi makanan dan minuman juga harus mengandung kalori untuk tenaga dan karbohidrat dalam batas cukup juga perbanyaklah konsumsi buah-buahan segar serta minum air putih, yang tentu saja penting sebagai penghilang dahaga yang akan memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Sehingga kita terhindar dari kelelahan otot akibat ketidakseimbangan cairan tubuh.

 

Pengaruh pemanasan menjadi hal yang sangat penting terhadap ketahanan tubuh seperti otot dan sendi-sendi, juga memperlancar aliran darah keseluruh tubuh serta menjadikan tubuh lebih siap beraktivitas dan berkendara. Semoga tubuh kita tetap rileks dan nyaman pada saat berkendara dan terhindar dari potensi–potensi berbahaya selama berkendara. Nah, mulai sekarang marilah kita hidup sehat dengan membiasakan diri melakukan pemanasan (warming up) sebelum berkendara. Selamat berkendara dan jangan lupa, Always Keep Safety Riding…….